top of page
  • Writer's pictureDOHA

Ngasi diskon ANTI RUGI checkk!!


"Harga temen yaaa", "ga di diskon?", "diskon dong, kan sama sodara sendiri", "bayar bulan depan bisa ga?" .kalau kamu adalah pelaku small bussines atau apa aja lah yang penting jualan, pasti ga asing banget denger kalimat-kalimat diatas.


Aku juga seringg banget, sampe bosenn shayy :D, kalo dari aku part terkesel adalah ketika liat bahwa mereka itu MAMPU buat beli produk yang kita jual, malah biasanya suka pamer belanjaan dari highstreet brand (hnm,zara,dkk). tapi karena ada embel-embel 'sodara,temen' jadinya dianggap remeh.


Padahal seharusnya jika emang mereka benar-benar teman yang baik,saudara yang baik, yaa bantuin dongg.. dibeli produknya atau minimal di follow lah akun sosial medianya atau di bantu promosi ke temen-temennya, bukannya malah di porotin minta diskon atau barang gratisan..


Ga cuma orang yang dikenal sih, aku juga pernah nemuin beberapa costumer yang emang dia minta untuk di diskon gitu, jujur kadang suka sebel sih.. tapi harus inget kalau 'Pembeli adalah raja' jadinya tetap harus kita perlakukan sebaik mungkin.


TAPI GIMANA CARA JAWABNYA YAA BIAR SOPAN DAN TETEP BISA CLOSING?

Siapapun itu sih baik saudara atau pun costumer reguler, kamu bisa pake cara ini untuk menjawab permintaan 'lucknut' tersebut :).


kuncinya cuma 1, "SELALU MINTA IMBALAN"


  1. kamu kasi mereka pilihan, misal kamu jual baju seharga 85rb kamu bisa suru costumer kamu untuk memilih ' boleh kak aku diskon 10%, tapi kakak minimal ambil 5 pcs yaa.. kakak ajak temen kakak aja buat barengan' dengan cara itu costumer akan senang karena mendapat harga lebih murah , dan kamu juga bisa nambah costumer baru.

  2. kalau kamu tipe seller suka ngasi bonus, baik itu stiker,permen atau yang lainnya kamu bisa bilang gini ke costumer kamu 'boleh sis aku diskon dikit, tapi ntar ga dapet bonus yaa.. hehehe' dan kalau dia nanya bonus nya apa kalo aku sih mending bikin dia penasaran aja, biar seolah-olah dia rugi kalo ga dapet bonusnya..

  3. atau kalau kamu menjual jasa, misal fotografer kamu bisa jawab 'boleh kak, tapi nanti waktunya aku kurangi 40 menit yaa kak'

  4. dan yang terakhir jika area costumer kamu masih dalam 1 kota yang sama dna ongkirnya tidak mahal kamu bisa bilang ' maaf kak kami belum bisa kasi diskon, tapi kalau kakak transfer max jam 12 siang ini, bisa aku kasi free ongir kak'


Tetapi jika produk yang kalian jual tidak memungkinkan untuk di diskon atau menggunakan cara diatas kamu bisa jawab dengan sopan ke costumer kamu ' adih maaf kak kami belum bisa kasih diskon dulu... ' dan bisa kamu kasih penjelasan dengan baik atau kamu juga bisa lebih menjelaskan kelebihan produk kamu yang membuat costumer akan merasa rugi jika tidak membeli produk kamu.


Pokoknya siapun itu yang minta diskon harus kamu tanggapi dengan baik dan sopan supaya mereka merasa nyaman telah datang ke toko kamu karena pelayanan yang menyenangkan.


Semoga tips tadi membantu yaa guyss!

kalau kamu punya teman yang lagi merintis usaha juga boleh banget loh tulisan ini kamu share ke mereka..


Thanks guys, tetap sabar,semangat dan konsisten!

Post: Blog2_Post
bottom of page